Resep Roti Canai Cane Aka Roti Prata

Resep Roti Canai Cane Aka Roti Prata - Roti ini sejenis flat bread banyak banget namanya ada yang bilang roti canai atau roti cane atau roti prata atau roti maryam, atau roti konde. Roti canai ini cocok dimakan versi asin atau versi manis dua-duanya sama-sama enak, kalo yang versi manis biasanya aku makan pake siraman susu kental manis, di tambah parutan keju atau buat yang suka coklat tambahin taburan coklat ceres euhh itu enak banget, eh eh eh tambahin es krim juga jadi tambah enak banget. Nah kalo mau yang lebih kenyang roti canai Resep Roti Canai Cane Aka Roti Prata berikutnya ada Resep Cara Membuat Risol Ayam Jamur ini enaknya dicocol ke kari kambing atau di tambah daging kebab sama salad dan mayonnaise, pake telur juga mantap. ini resep hasil modifikasi aku dari berbagai resep yang ada jadi takaran dan bahan-bahanya ada yang sudah aku utak atik hehe.. Yuk bikin sendiri di rumah.. aku bikin video cara pembuatannya juga cek disini https://youtu.be/NdGOdtRxooQ



Yesi Intasari



Bahan-bahan 10 porsi
  1. 2 cup (300 gram) tepung terigu serbaguna
  2. 150 ml susu cair
  3. 1 sdm (15 gram) gula pasir
  4. 1/2 sdt garam
  5. 50 ml minyak goreng (untuk campuran adonan)
  6. 50 ml minyak goreng (untuk merendam adonan)
  7. 1 butir telur
  8. 40 gram mentega (untuk olesan)



Langkah 120 menit
  1. Kocok telur, susu cair, dan minyak goreng di dalam mangkuk. Masukan kocokan telur kedalam mangkuk mixer tambahkan tepung terigu yang sudah di ayak kemudian mixer dengan kecepatan tinggi menggunakan kocokan spiral.
  2. Kemudian tambahkan garam dan gula mixer kembali sampai adonannya tercampur rata dan mulai khalis
  3. Setelah khalis, uleni sebentar dengan tangan tambahkan sedikit tepung jika adonan masih terasa lengket.
  4. Bagi adonan menjadi 10 bagian (pada saat membagi adonannya gak saya timbang satu persatu jadi dapet 11 bagian harusnya sih 10 aja :D)
  5. Kemudian bulatkan masing-masing bagian adonan lalu susun di dalam mangkuk dan rendam dengan minyak goreng kurang lebih 1 jam atau lebih juga bisa dan tutup dengan plastik wrap. Tujuannya untuk membuat adonan lebih elastis.
  6. Setelah adonan siap, ambil 1 buah adonan tipiskan adonan setipis mungkin tapi jangan sampai robek atau bolong dengan cara dipipihkan lalu banting ke meja kerja sambil diputer-puter seperti abang yang jualan martabak telur atau bisa juga ditipiskan dengan rolling pin dan tangan seperti di video.
  7. Kemudian oleskan mentega pada adonan roti yang sudah ditipiskan secara merata, jika ingin lebih harum dan gurih bisa menggunakan minyak samin, menggunakan mentega juga sudah cukup harum tapi jika menggunakan margarin mungkin kurang harum seperti mentega.
  8. Setelah itu gulung adonan secara perlahan sehingga membentuk tali panjang, tarik adonan agar lebih panjang lalu gulung masing-masing bagian ujung adonan berlawanan arah sampai ke tengah sehingga membentuk huruf “S” Setelah membentuk huruf “S” kemudian tumpuk adonan sehingga membentuk konde.
  9. Panaskan wajan anti lengket, pipihkan adonan selebar mungkin lalu panggang roti tanpa menggunakan minyak lagi. Panggang hingga warnanya kecoklatan sambil di tepuk-tepuk menggunakan dua spatula agar lapisan rotinya terlihat berlapis-lapis. (jika ingin dibuat frozen panggang setengah matang kemudian masukan ke dalam wadah kedap udara lalu bekukan di frezer)
  10. Ganti Sajikan roti canai di piring bersama kari kambing, atau sesuai selera..
Tambah langkah sumber:
https://sukaresep.xyz/


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Resep Roti Canai Cane Aka Roti Prata

Posted by cassiawu, Published at 08.53.

Comments Facebook :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar